Jumat, 03 November 2017

RWS Day 16: Kegiatan Sewaktu Kecil di Bulan Ramadhan

16 Ramadhan 1438 H
Sabtu, 10 Juni 2017

Assalamu’alaikum, semua!
Nah, kali ini aku mau nyeritain sedikit kegiatan apa aja yang aku lakukan di bulan Ramadhan ketika aku masih kecil.

Yang pertama adalah, ngaji. Aku udah pernah cerita di pos sebelumnya, bisa di scroll :p Aku biasanya ngajinya pagi hari, di tempat aku8 ngaji, waktu ngajinya dibagi menjadi 2 shift, pagi dan sore. Sebenarnya aku ngikutin sama jadwal sekolah formalnya sih, kalau sekolah formalnya masuk pagi, berarti aku ngajinya masuk sore. Begitu pun sebaliknya. Kalau lagi bulan puasa, ngaji jadi tambah seru. Karena biasanya kita bakalan tadarusan bareng, terus pakai microphone. Awal-awalnya, pasti deg-degan kan yak, kan didengar banyak orang, tapi lama-kelamaan seru dan malah nagih. Terus biasanya kalau bulan puasa, suka nyempat-nyempatin buat ‘baca Qur’an’, karena kalau bulan puasa, jadwal sebenarnya hanya tadarusan bareng, enggak ngelanjutin ngaji kita, tapi ya kalau bisa disempatin dong, kan mau cepat khatam! Heuheu.

Terus yang kedua, beli kembang api. Duh, siapa nih yang masa kecilnya di bulan Ramadhan enggak pernah main kembang apai/mercon/petasan atau sejenisnya? Pernah lah ya. Dulu, waktu masih kecil banget, udah SD sih, kelas 1 sampai 3 gitu deh, aku suka banget beli kembang api sama teman-temanku, terus dimainkan sehabis buka puasa. Dulu tuh rame banget di sekitaran rumahku kalau habis buka puasa, sebenarnya habis Maghrib sih, anak-anak pada mainan kembang api. Dulu tuh aku sampe bela-belain enggak jajan cuman untuk ngumpulin duit biar bisa beli kembang api yang macam-macam. Tapi ya gimana, ketika uangnya sudah terkumpul banyak, malah sayang untuk dibeliin:’v

Lalu yang ketiga adalah tarawih bareng. Nah, setelah biasanya main-main sehabis Maghrib, aku dan teman-temanku bareng-bareng menuju ke langgar yang ada di dekat rumah kami untuk sholat Isya’ dan sholat tarawih tentunya. Duh kangennyaaa. Nah, ada hal lucu ketika aku dan teman-temanku sholat tarawih. Namanya dulu masih kecil banget kan yak, jadi sholat tarawihnya bolong-bolong. Ya bener aja sih, pulangnya setelah sholat tarawihnya usai, tapi dipertengahan, ada aja bolongnya. Tapi sekarang engga dong ya, malu tuh udah gede. Tapi satu hal yang bertahan sampai sekarang adalah ngitungin jumlah rakaat sholat tarawih. Siapa nih yang begini juga?

Dan yang terakhir adalah ke pasar Ramadhan! Dulu tuh ya, kalau enggak ke pasar Ramadhan tuh kaya ada yang kurang aja:’v Udah gitu, kalau ke pasar Ramadhan rasanya pengen dibeli semua tuh yang dijual orang-orang. Sekalinya udah kebeli, eh, enggak dimakan karena kekenyangan. Tapi, sekarang udah jarang banget ke pasar Ramadhan, boro-boro kesana deh, ngeliat aja bakal bilang, “wih ternyata masih ada aja ya pasar Ramadhan.”

Nah, itu tadi kegiatan-kegiatan yang aku lakukan di bulan Ramadhan ketika masih kecil. Apa kalian ngerasa kalau semakin tahun Ramadhan semakin sepi aja? :’v

Regards,
Suci Noorjannah Novianti

Ramadhan With Suci

0 komentar: