Rabu, 12 November 2014

Contoh Teks Eksposisi : Kupu-Kupu Dan Bunga Sepatu

"CONTOH TEKS EKSPOSISI"
KUPU-KUPU DAN BUNGA SEPATU
Siapa yang tak kenal dengan bunga sepatu? Bunga sepatu adalah bunga berwarna merah, tak memiliki bau, namun sangat indah untuk dipandang oleh siapapun yang melihatnya. Bunga sepatu memiliki nektar, sehingga membuatnya banyak dihinggapi oleh kupu-kupu nan cantik. Kupu-kupu itu hinggap untuk menghisap nektar yang ada pada bunga sepatu.

Bunga sepatu dan kupu-kupu merupakan Simbiosis Mutualisme, yaitu Simbiosis yang saling menguntungkan. Kupu-kupu dapat menghisap nektar pada bunga sepatu, dan bunga sepatu dapat melakukan penyerbukan karena adanya kupu-kupu yang menghinggapinya. Kupu-kupu dapat membantu penyerbukan pada bunga sepatu karena pada saat kupu-kupu hinggap di bunga sepatu, ia menjatuhkan serbuk sari ke kepala putik bunga sepatu, karena itulah terjadi penyerbukan pada bunga sepatu.

Kupu-kupu sangat berguna bagi pertumbuhan bunga sepatu, karena jika tidak ada kupu-kupu, maka bunga sepatu tidak dapat melangsungkan penyerbukannya. Begitu juga sebaliknya, bunga sepatu pun sangat penting bagi kupu-kupu, karena jika tidak ada bunga sepatu, maka kupu-kupu tidak akan mendapatkan nektar dan tidak akan ada yang ia makan, dan itu dapat menghambat pertumbuhan kupu-kupu, atau bahkan dapat membuatnya mati. Oleh karena itu, hendaknya kita ikut melestarikan bunga sepatu dan kupu-kupu.